kimzolciakwedding.com
Berita

Apple Mengintegrasikan ChatGPT OpenAI ke dalam Siri: Kolaborasi Strategis Tanpa Transaksi Keuangan Besar

kimzolciakwedding.com – Dalam konferensi Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 yang baru saja berlangsung, Apple mengumumkan kolaborasi signifikan dengan OpenAI. Kolaborasi ini melibatkan integrasi teknologi ChatGPT ke dalam asisten digital Siri. Berdasarkan laporan Bloomberg, kolaborasi ini tidak didasarkan pada transaksi keuangan besar, melainkan pada pertukaran nilai melalui peningkatan eksposur dan penggunaan teknologi.

Struktur Kolaborasi dan Manfaat Bersama

Apple tidak mengeluarkan dana kepada OpenAI untuk pemanfaatan ChatGPT, dan sebaliknya, OpenAI tidak membayar Apple. Kedua perusahaan sepakat bahwa keuntungan yang diperoleh melalui eksposur teknologi OpenAI di berbagai perangkat Apple merupakan kompensasi yang lebih berharga daripada pembayaran finansial. Kolaborasi ini diharapkan dapat memperluas jangkauan penggunaan ChatGPT sementara Apple meningkatkan kemampuan AI Siri dengan teknologi generatif terdepan.

Penerapan Teknologi dan Benefisitas untuk Pengguna

Apple akan menggunakan model GPT-4o dari OpenAI untuk meningkatkan fungsi kecerdasan buatan pada iOS 18, iPadOS 18, dan MacOS Sequoia. Dengan integrasi ini, Siri diharapkan dapat lebih efisien dalam memproses dan menjawab pertanyaan yang kompleks dari pengguna, termasuk fungsi untuk merencanakan menu, merangkum artikel, atau mencari foto berdasarkan deskripsi.

ChatGPT sekarang juga tersedia di perangkat Apple, memungkinkan pengguna untuk melakukan penulisan kreatif dan penyuntingan teks. Akses ke fitur ini disediakan secara gratis tanpa keharusan login ke ChatGPT, namun terdapat keuntungan tambahan bagi pengguna yang memilih berlangganan ChatGPT Plus dengan tarif USD 20 per bulan.

Potensi Pendapatan dari Kesepakatan Langganan dan Komisi

Mengenai aspek komersial, OpenAI memiliki potensi untuk menghasilkan pendapatan dari pengguna Apple yang memilih berlangganan ChatGPT Plus. Apple akan mendapatkan komisi dari setiap langganan yang dilakukan melalui perangkat mereka. Ini membuka peluang bagi Apple untuk mendapatkan pendapatan tambahan dari layanan berbasis AI melalui perjanjian bagi hasil dengan mitra lainnya.

Ekspansi Strategis dan Kolaborasi Lainnya

Lebih lanjut, Apple juga sedang menjajaki kolaborasi dengan Google untuk mengintegrasikan AI Gemini ke dalam iOS, serta dengan Antrophic untuk menyediakan Claude sebagai alternatif chatbot. Bloomberg juga melaporkan bahwa Apple sedang mempertimbangkan kerjasama dengan Baidu dan Alibaba untuk mengembangkan fitur chatbot di China, mengingat pembatasan akses terhadap ChatGPT dan teknologi serupa lainnya di negara tersebut.

Kolaborasi ini menandai langkah signifikan bagi Apple dalam memanfaatkan kecerdasan buatan terdepan untuk meningkatkan interaksi digital yang lebih intuitif dan responsif melalui Siri.

Anda mungkin juga suka...